week-7

PENGARUH SOCIAL NETWORKING BAGI  PELAKU BISNIS

  I.         Pendahuluan

 Keberadaan internet telah menghadirkan nuansa tersendiri ditengah masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang diutamakan. Hal ini tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian intergral masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat kini ,bukan hanya sebagai rujukan informasi, tetapi juga gaya hidup dan kebudayaan.

Salah satu layanan internet adalah layanan social network. Layanan social network menyediakan jaringan pertemanan yang difungsikan sebagai media komunikasi dunia maya yang menghubungkan jutaan penggunanya dari berbagai dari berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadikan layanan tersebut sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena mengabaikan jarak waktu dan tepat. Kehadiran layanan ini ditengah masyarakat menjadi sebuah fenomena dana menandai babak baru kehidupan modern

A.    Jenis-jenis Social Networking

 Beberapa jenis social network terpopuler saat ini :

Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo SaverinDustin Moskovitz dan Chris Hughes.Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di BostonIvy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

 

Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[3] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

 

Linkedln

LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh GreylockSequoia CapitalBessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006 [

 

MySpace

 Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan iasl paling iasl di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh iasltor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation

 

Google Plus+

Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba.Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.

Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.

 

LiveJournal

 LiveJournal  adalah komunitas online global yang dibuat untuk jurnal pribadi, yang dibuat oleh Brad Fitzpatrick di bulan Maret tahun 1999. Dari terbentuknya di tahun 2009, LiveJournal sampai saat ini telah menjadi website yang memiliki hinggal 25 juta pengguna dari seluruh dunia. Seperti jaringan sosial yang lain, pengguna LiveJournal berasal dari berbagai kalangan. Hampir semua kode sumber untuk menjalankan Livejournal adalah Open Source dan gratis digunakan. Beberapa dari website yang kode sumber Livejournal ini dintara lain adalah InsaneJournal, DeadJournal, JournalFen dan Dreamwidth.

 

Tagged

Tagged adalah situs jejaring sosial yang didirikan pada tahun 2004, berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Tagged menyediakan layanan untuk menelusuri orang-orang/ teman, bermain game , berbagi tag dan hadiah virtual, serta menyarankan orang-orang/ teman baru bagi anggotanya berdasarkan kepentingan yang sama. Menurut laporan Quantcast,Tagged telah memilik 6,2 juta pengunjung AS dan 21,1 juta pengunjung dari berbagai dunia tiap bulannya.

Tagged telah memiliki 100 anggota yang telah terdaftar. Pada awalnya Tagged dikritik karena telah mengirim email palsu sosial  sehingga terpaksa harus membayar hukuman denda 1,4 juta dollar . Sejak tahun 2009, perusahaan Tagged telah melakukan reformasi kebijakan dan mengubah tata cara undangannya . Jaksa Agung Kantor Negara Bagian New York Cuomo juga mengkritik Tagged karena dinilai gagal menanggapi keluhan tentang pornografi anak

 

Orkut

Orkut merupakan layanan jejaring sosial, memungkinkan pengguna menampilkan informasi personal dan profesional, bertemu teman baru dan memelihara pertemanan yang sudah terjalin. Di sini pengguna juga bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan minat.

Orkut adalah komunitas online yang dirancang untuk membuat kehidupan sosial seseorang lebih aktif dan bersemangat. Jaringan sosial orkut dapat membantu seseorang mempertahankan hubungan yang ada melalui foto dan pesan, serta menjalin hubungan baru dengan menjangkau orang yang belum pernah di temui sebelumnya.

Orkut memudahkan pencarian orang yang memiliki hobi dan minat yang sama, hubungan romantis, atau menjalin kontak bisnis baru. Pengguna juga dapat membuat dan bergabung dalam beragam komunitas online untuk membahas kejadian terkini, berhubungan kembali dengan teman lama di sekolah atau bahkan bertukar resep favorit.

Namun layanan ini diambil dari penciptanya, karyawan Google yang bernama Orkut Buyukkokten. Ketika pertama kali muncul, akan Orkut hanya bisa didapat melalui undangan, dan baru dibuka untuk umum sejak Oktober 2006. Orkut menjadi layanan jejaring social paling kondang di Brasil dan nomor dua di India. Google mengumumkan akan memindahkan hosting Orkut dari Kalifornia ke Brasil, dan akan dikelola oleh Google Brasil

 

Friendster

Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain ViewCalifornia.Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial.  Sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut. Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan “kakek”-nya semua jejaring sosial. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.

Pada Mei 2011, perusahaan ini mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log menggunakan surel dan sandi lama mereka. Mereka juga menyatakan bahwa daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada “hiburan dan kesenangan”, dan tidak bertujuan untuk bersaing dengan Facebook, namun justru melengkapinya

 

Multiply

Berawal sebagai situs untuk berbagi foto, video, tulisan dan masih banyak lagi, Multiply telah berevolusi menjadi situs tujuan belanja yang dinamis yang menghubungkan para penjual dengan pembelanja yang tertarik atas beragam barang dan layanan, mulai dari pakaian dan perhiasan hingga barang elektronik dan perangkat rumah tangga.

Jutaan pembelanja di Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapur, Thailand dan Vietnam telah menjadikan Multiply tujuan belanja favorit. Dengan puluhan ribu penjual online dengan ratusan ribu barang unik dan menarik, belanja di Multiply layaknya mengunjungi pusat perbelanjaan dengan teman dan keluarga, namun lebih mudah dan nyaman.

Kesuksesan Multiply dibangun atas inovasi dan teknologi kreatif. Penjual dapat mendayagunakan foto resolusi tinggi yang semakin menjadikan produk jualan mereka lebih representatif. Menawarkan penyimpanan file tanpa batas and alat sunting online, Multiply tetap menjaga privasi penggunanya, alhasil pengguna hanya berbagi informasi yang mereka inginkan dengan orang yang mereka inginkan. Dilengkapi dengan teknologi terdepan, namun tetap mudah digunakan, Multiply memfasilitasi penggunanya untuk membangun pasar online terbesar di kawasan ini.

 

Hi5

Hi5 merupakan sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi dan bertukar pikiran satu sama lain. Tampilan Hi5 berupa layanan untuk memasukkan (mengunggah) profil/foto, menambah teman, mengirimkan pesan, serta memperoleh gambar/wallpaper secara gratis

Hi5 pertama kali ditemukan pada tahun 2003 oleh Ramu Yalamanchi. Dalam perkembangannya, situs Hi5 dinilai sebagai salah satu situs sosial dengan tampilan Web 2.0 yang terbatas. Fitur-fitur dan aplikasiyang terdapat dalam Hi5 tidak jauh berbeda dengan situs sosial lain.

Situs Hi5 ini berhasil menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan sangat mudah, tanpa harus memiliki akun Hi5. Inilah yang menyebabkan pada tahun 2009, Hi5 menjadi salah satu dari dua puluh besar situs sosial yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat mancanegara dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif.

Pada tahun 2010, Hi5 menduduki peringkat enam besar dari sekian banyak situs sosial yang ada di dunia dengan kebanyakan pengguna Hi5 berada di wilayah Amerika Latin dan Asia Selatan. Kini, Hi5 lebih dikenal sebagai situs permainan sosial.

 

Badoo

Badoo adalah sebuah jejaring sosial multi bahasa yang dapat diakses di http://badoo.com. Badoo memiliki kantor di Soho, London, Inggris tetapi dimiliki oleh sebuah perusahaan yang ada di Cyprus dan dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Andrei Andreyev, seorang berkebangsaan Rusia. Dibuat oleh Andrei Andreyev, dikembangkan dari situs ia sebelumnya yang bertema kencan, Mamba.

Pada tanggal Januari 2008, seorang investor Rusia membayar 30 juta dolar amerika untuk bekerja sama dengan badoo dan mengambil keuntungan 10%. Pendapatannya akan digunakan untuk membangun kantor Badoo di Rusia. Pada tahun 2009, Finam (investor Rusia) mendapat 20% kepemilikan dari Badoo.

 

Koprol

 Koprol, atau sekarang yang dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sosial pengguna Koprol serta menghubungkan sosial penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya dapat check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna dapat melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

 B.     Manfaat social network bagi pelaku bisnis

Dengan munculnya beragam situs jejaring sosial (social networking) saat ini ternyata tidak hanya memudahkan masyarakat untuk berinteraksi dan menjalin pertemanan melalui dunia maya. Sebut saja facebook dan Twitter yang memiliki ribuan bahkan jutaan pengguna diberbagai negara, kini telah berubah fungsi dan mulai dikembangkan sebagai ladang bisnis potensial bagi para pelaku bisnis online.

 

Manfaat yang didapat dalam penggunaan social networking dalam bidang usaha antara lain

  • Hadir dan aktif dalam social networking seperti Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain akan meningkatkan kemungkinan serta memudahkan ditemukannya informasi perusahaan produk atau jasa diinternet.
  • Dapat membangun brand (pencitraan) perusahaan secara online dan meningkatkan minat calon pembeli.
  • Memonitor kekuatan pesaing. Terus menggali informasi dari para kompetitor dengan cara memfollow atau add friend para kompetitor sehingga kita bisa mengetahui langkah inovasi dan strategi promosi produk mereka.
  • Menempatkan produk dalam posisi lebih manusiawi dan interaktif dengan calon pembeli. Menampilkan diskusi interaktif dengan membiarkan calon konsumen bertanya mengenai produk yang ditawarkan. Selalu menanyakan keinginan dan harapan mereka jika ditawarkan produk sehingga mendapat input yang berguna untuk perbaikan kedepan.
  • Social networking memiliki keunikan untuk mendukung sistem pemasaran yaitu adanya jaringan yang terdefinisikan dengan jelas, serta berita yang selalu terupdate (news feed) untuk mengetahui behavior dari target market. Salah satu social networking yang mendukung salah satu sistem pemasaran yaitu advertising karena fiturnya yang lengkap dan pertumbuhan angka penggunanya yang tertinggi didunia adalah Faceebook.

II.       Kesimpulan

 1.    Dengan jumlah pengguna internet yang besar dan terus meningkat, termasuk social networking users yang tinggi, maka internet telah menjadi salah satu media bisnis utama bagi pelaku bisnis/kreatif untuk memasarkan, menjual, dan menciptakan produknya. Pelaku usaha kreatif terutama yang berbasiskan media konvensional tidak boleh mengabaikan semakin besarnya pengaruh internet dalam kehidupan sehari-hari manusia.

2.    Optimalisasi internet akan melebarkan jangkauan bisnis para pengusaha media konvensional dan memudahkan menembus pasar luar negeri. Di sisi lain, internet telah membuka sebuah peluang lahirnya berbagai model bisnis kreatif baru yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Peluang ini harus ditangkap oleh para pelaku kreatif dan pemahaman mengenai pemanfaatan internet harus ditingkatkan, tidak hanya bagi para pelaku usaha kreatif, tapi juga lembaga keuangan, pemerintah, dan pihak-pihak terkait lainnya agar terbentuk ekosistem bisnis yang positif.

Sebagian besar para pelaku bisnis sudah akrab dengan social networking seperti halnya Facebook, twitter dan lain-lain. Sosial networking memiliki banyak potensi besar bagi usaha kecil. Sayangnya, ada sedikit ketakutan bagi pemilik usaha kecil berkaitan dengan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk sewa bandwidth untuk media sosial. Namun jika bisamengoptimalkan peran social networking bagi bisnis, dengan menyeimbangkan  ROI (Return Of Investment) maka ketakutan itu tidak perlu muncul. Social networking bisa dimanfaatkan sebagai strategi marketing bagi bisnis .

Sesungguhnya, jika dibagi dari aspek fungsional, social networking memiliki dua hal yaitu:

  • Marketing, social media dipergunakan sebagai media untuk marketing/pemasaran produk-produk anda. Sebagai tempat berkumpul baru bagi calon pelanggan social media memiliki potensi besar untuk memperkenalkan produk anda.

 

  • Communication, Selain sebagai media pemasaran, social media bersifat interaktif sehingga calon pelanggan tidak hanya melihat iklan produk anda saja tetapi juga bertanya sampai terlibat dalam deal mempergunakan produk kita.

Melihat fungsi yang cukup potensial tersebut banyak hal bisa dilakukan pada social networking. Jika deal sudah dilaksanakan, Social networking bisa dimanfaatkan untuk bercakap-cakap dengan pelanggan. Mengucapkan terimakasih telah menggunakan produk kita, sangat membantu pemasaran usaha.

 

Sumber :

http://teknonesia.com/2011/05/pentingnya-social-network-pada-perusahaaan/

http://id.wikipedia.org

http://ukungzulfah.blogspot.com

http://incridea.com/

http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-15028-Chapter1-436708.pdf

http://www.indonesiakreatif.net/index.php/id/news/read/1171

http://galeriukm.web.id

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *