week 5

Database

 

Pendahuluan

A.  Definisi Database

 Basis data (bahasa Inggrisdatabase), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Menurut Gordon C. Everest  Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi

Menurut C.J. Date Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.

B. Konsep Dasar Database

 Konsep dasar dari database adalah kumpulan dari catatan atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki informasi terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan didalamnya; penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu databse dan hubungan diantara obyek tersebut. Ada banyak cara mengorganisasikan skema atau memodelkan struktur database ; ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umu digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana tabel terdiri dari baris dan kolom (defini yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Model yang lain seperti model hierarkis dan odel jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel

C. Software yang digunakan untuk membuat database

 Database dapat dibuat dan diolah dengan menggunakan suatu program komputer (software) yang mengelola dan memanggil query database yang disebut Database Management System (DBMS) atau bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti “Sistem Manajemen Basis Data”.

DBMS terdiri dari dua komponen yaitu :

  1. Relation Database Management System (RDMS) yang terdiri dari :
  2. Interfaces Drivers       d.  Relational Engine
  3. SQL engine                 e.  Storage Engine
  4. Transaction Engine
  5. Overview of Database Management System (ODMS)yang terdiri dari :
    1. Language Drrivers     c.  Transaction Engine
    2. Query Engine             d.  Storage Engine

 

Dari software sendiri ada dua level yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah database antara lain :

  1. High Level Software terdiri dari :

Microsoft SQL Server, Oracle, Sybase, Interbase, Xbase, Firebird, MySQL, PostgreSQL, Microsoft Access, dBase III, Paradox, FoxPro, Arago, Force, Recital, dbFast, dbXL, Quick Silver dll.

Low Level Software terdiri dari :

Btrieve, Tsunami Record Management

 D. Teknologi Database

 Teknologi database merupakan aplikasi yang berbasis pada web yang disertai dengan penerapan teknologi terbaru dari Microsoft.NET, memungkinkan perusahaan dalam mengakses informasi, menjalankan bisnis dan melakukan hubungan dengan para pelanggan dan rekan bisnis dimana saja melalui internet.

Secara alamiah teknologi database sangatlah fleksibel dan disertai dengan kemampuan yang tinggi untuk dapat dikonfigurasi dengan kebutuhan perusahaan dan mudah untuk melakukan modifikasi serta memberikan keyakinan sepenuhnya kan implementasi dan kelanjutan penanganan sistem operasional perusahaan dapat mudah dicapai dan efektif.

 

Teknologi database dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi mulai dari windows XP, Microsoft .NET dan seluruh Microsoft Office suite (Excell, Words, Project dll)

E. Manfaat penggunaan software database bagi dunia usaha

Dengan software database maka suatu manajemen yang lengkap dan terintregrasi dalam perencanaan, barang/stok, produksi dan keuangan akan memberikan kemampuan pada perusahaan untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktifitas, kualitas dan kontrol terhadap opersional perusahaan.

  • Software database juga mampu mengintegrasi dari fungsi penjualan, marketing , bantuan teknis, dan adanya fasilitas E-Commere yang tersedia maka perusahaan akan mampu menunjang dan meningkatkan penjualan perusahaan.
  • Sebagai pengambil keputusan (decision management) yang handal. Software database dapat memberikan gambaran secara lengkap dan jelas mengenai data-data bisnis sehingga perusahaan dapat bergerak cepat mengambil keputusan yang tepat dan progesif.
  • Melakukan perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan password terhadap masing-masing data.

 

F. Pengertian database dari sisi pelaku usaha bisnis

Data base dari isi para pelaku usaha bisnis merupakan sekumpulan informasi yang telah terorganisir dengan. Kartu nama, alamat, kartu kataalog, kartu persedian barang merupakan contoh dari database. Bila hal itu sudah dikumpulkan secara komputersasi maka semua informasi dapat mudah diakses oleh pelaku bisnis.

 

G. Kesimpulan

 Penggunaan teknologi database didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, memudahkan pengaksesan data, mengisolasi data untuk di standarisasikan, mengurangi redundasi data dan inkonsistensi. Dan yang menjadi faktor pertimbangan bagi para pelaku bisnis dalam skala besar adalah apabila desain yang dibangun tidak cermat dapat menyebabkan hilangnya data yang di butuhkan, data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain.

 

 

 

 

sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data

http://blog-arul.blogspot.com/2011/11/manfaat-database-dalam-bidang-bisnis.html#ixzz1pquaEabM

http://www.itmaranatha.org/jurnal/jurnal.informatika/Jurnal/Juni2007/artikel/artikelpdf/juni07_9.pdf

http://damayanti.blog.binusian.org/2009/03/24/pengaruh-dan-manfaat-teknologi-database-dalam-dunia-bisnis/

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *