week3

APLIKASI TEKNOLOGI KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

 

  1. A.  Pendahuluan

 

Manfaat teknologi bagi manusia begitu besar dan dari sekian banyak teknologi yang dikembangkan manusia untuk membantu meningkatkan kemampuan manusia itu sendiri yang salah satunya adalah teknologi komputer. Teknologi komputer saat sangat dibutuhkan di segala bidang diantaranya dibidang pendidikan, perindustrian dan rumah tangga.

Dalam tingkatan rumah tangga sudah membutuhkan teknologi komputer dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga. Rumah tangga saat ini sangat berbeda dengan rumah tangga 10 tahun yang lalu, karena rumah tangga saat ini sudah mengaplikasikan teknologi komputer ke dalam aktifitas sehari-hari.

 

B. Pemanfaatan komputer dalam Rumah tangga

 

Salah satu manfaat yang sangat besar bagi dunia rumah tangga saat ini adalah adanya akses internet, dengan akses internet maka semua anggota keluarga dapat saling berkomunikasi antar semua anggota keluarga meski jarak saling berjauhan berkilometer bahkan antar negara sekalipun. Dengan internet pula informasi yang dibutuhkan sebagai sarana penambah pengetahuan menjadi begitu familier dan tengah-tengah anggota keluarga.

Dalam penghitungan kebutuhan rumah tangga, perencanaan keuangan serta perencanaan akan biaya pendidikan untuk anak, komputer sudah mulai digunakan. Sebagai sarana entertainment (hiburan) komputer menjadi salah satu pilihan terbaik seperti untuk menonton film, mendengarkan musik atau ketika jenuh dengan rutinitas kesibukan maka bermain games online dapat menjadi sarana yang sangat menghibur.

 

C. Jenis dan aplikasi komputer yang digunakan

 

Dikarenakan penggunaan komputer dalam rumah tangga tidaklah serumit pada perusahaan (industry) maka hardware dan aplikasi yang digunakan hanyalah hardware aplikasi sederhana sesuai kebutuhan anggota keluarga (home user)

  1. 1.      Desktop computer (desktop PC)

Merupakan komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum dan dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Komputer meja merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.

Desktop PC biasanya terdiri dari :

  • Layar monitor (bisa berbentuk monitor CRT atau LCD/LED)
  • CPU (Central Processing Unit)
  • Keyboard
  • Mouse
  • Speaker aktif
  • Camera (webcam)
  • Microphone (digunakan bila ingin untuk teleconference)
  • Optical drive (CD/DVD ROM/RW).

 

Aplikasi yang biasa ada dalam Desktop PC

 

  1. a.      OS (Operating System)

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows  yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 atau lebih lambat)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).
    1. b.      Microsoft Office

digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming. Sebutan untuk paket aplikasi perkantoran dan rumah buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.

 

    • Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993

 

 

Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

 

  1. c.       Windows Media Player

Merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia

 

Contoh lain media player : Atunes, DivX Palyer, WinDVD, Winamp, The KMPlayer,Adobe Shockwave, Realtek Media player

 

  1. d.      Media Browsing

Media Browsing yang biasanya terdapat dalam Home PC yaitu :

  • Internet Explorer
  • Mozilla Firefox
  • Opera
  • Google Chrome
  • Safari
  • Flock

 

  • Internet Explorer (IE)

Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.

 

 

  • Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

 

  • Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sudah dirilis

 

e . Anti Virus

 Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus – antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware – malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu Home User dan Network /Corporate User. Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer – komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan upate langsung dari server jaringan.

Antivirus berdasarkan cara memperolehnya

1. Free antivirus  : anti virus yang diperoleh secara gratis

2. Trial antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi  batasan waktu

3. Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi

4. Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli

Contoh antivirus yang sering digunakan :

 

  1. 2.      PDA

Pembantu digital pribadi (bahasa InggrisPersonal Digital AssistantPDA) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, sepertikalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain itu, dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internetintranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.

 

Sebagai komputer genggam, PDA memiliki processor dan sistem operasi layaknya komputer biasa. Sistem operasi ini merupakan peranti lunak utama pada PDA. Cara kerjanya sama seperti sitem operasi pada komputer seperti Windows XP atau Mac OS, tetapi didesain khusus untuk PDA. Terdapat dua kesamaan sistem operasi pada PDA yaitu Palm dan Pocket PC (Windows Mobile). Keduanya bekerja dengan program piranti lunak yang berbeda, jadi walaupun berisikan banyak dokumen seperti gambar, musik dan lainnya yang bisa dipakai namun tidak pada pemrogaman. Pada penyimpanan data tanpa kartu memori, data disimpan dalam RAM dengan ukuran puluhan MegaByte, sedangkan sumber energinya berasal dari baterai (dulunya A3) isi ulang. Selain itu, bisa juga menggunakan adaptor yang disambungkan ke stop kontak AC.

 

Aplikasi yang ditanamkan dalam salah satu jenis PDA

  1. 1.      Resco File Explorer
    Ini adalah program aplikasi File Manager yang sebenarnya oleh Microsoft telah disediakan dalam Windows Mobile dengan nama File Explorer. Namun fitur-fitur yang disediakan File Explorer kurang lengkap misalnya bila kita ingin mengetahui berapa size/kapasitas suatu folder tidak disediakan propertiesnya.
    Dalam paket ROM PDAVIET Core 20753 telah disediakan program aplikasi serupa yaitu Total Commander..2. Resco Photo Viewer (mirror)
    Sama seperti file manager, Windows juga telah menyediakan program photo album (Pictures & Videos) yang bahkan terintegrasi dengan fungsi camera dan My Document. Namun tampilan dan Resco Photo Viewer lebih bagus dan lebih gampang pengoperasiannya.

3. CoreCodec CorePlayer (mirror) 
Tidak semua type file video dapat dimainkan oleh Windows Media Player, seperti AVI, 3Gp dan lain-lain..

4. Pocket Music Bundle
5. Newsbreak
Ini program penarik headline (RSS) dari suatu situs, seperti detik.com, kompas, yahoo news, antara dan lain-lain. Tidak perlu repot-repot berkunjung ke suatu situs, karena dengan aplikasi ini headline situs tersebut akan tampil dalam PDA kita.

6. Opera Browser
Dari segi tampilan dan kecepatan Opera Browser jauh lebih handal daripada Internet Explorer. Sistem slider yang digunakan mempermudah dan mempercepat kita dalam membaca konten suatu situs. Kelebihan lainnya adalah bisa downloads lebih dari satu file dan multi tab untuk membuka lebih dari satu situs.

7. Anton Tomov Pocket Mechanic v. 2.90.245 WM6
Pocket Mechanic merupakan program aplikasi utility untuk PDA kita. Dengan program ini kita bisa memindahkan aplikasi yang terinstal dalam memori card ke memori internal atau sebaliknya. Juga terdapat fitur-fitur untuk maintenance storage card kita seperti scandisk, defrag, format dan lain-lain..

8. SOTI Pocket Controller (patch)
Bila PDA dalam posisi berhubungan dengan Laptop atau Komputer via cradle atau kabel data, kita memerlukan program ini untuk mengontrol PDA lewat layar Laptop/Komputer, sehingga kita tidak perlu memegang dan mengoperasikan PDA.
Bahkan biasanya dengan program PPCSoft psshutXP saya sering mematikan layar PDA untuk menghemat baterai, karena meskipun PDA dalam kondisi layar light off tapi Pocket Controller tetap menampilkannya.

9. June Fabrics PDANet
Laptop/Komputer kita bisa konek ke internet menggunakan PDA sebagai modem dengan Internet Sharing. PDANet adalah salah satu alternative lain berkoneksi ke internet. Bedanya kita tidak perlu menonaktifkan USB conection (active sync) seperti bila kita menggunakan Internet Sharing. Sehingga kita masih bisa mengsinkronisasikan computer dan PDA dan mengoperasikannya.

10. Inesoft Cash Organiser
Kita memerlukan program aplikasi untuk mengelola keuangan kita dan cash Organiser adalah program aplikasi terbaik. Sebenarnya fitur yang disediakan cukuplengkap untuk proses akuntasi bisnis sederhana .
11. Yahoo! Go (mirror)
Aplikasi besutan Yahoo ini enak digunakan untuk mencari informasi, membuka email membaca berita, informasi cuaca dan pasar saham dan lain-lain terintegrasi dalam satu aplikasi sederhana. Semuanya mobile friendly, karena memang dirancang khusus untuk mobile devices.

12. Lingvosoft Dictionary
program aplikasi kamus dan Lingvosoft menyediakan aplikasi yang cukup memenuhi kebutuhan user

13. Spb GPRS Monitor
Untuk memonitor trafik GPRS sehingga kita mengetahui berapa Kb atau berapa Rupiah pulsa yang mesti kita bayar ke Operator. Selain itu dalam tampilan Today Pluggin kita bisa mengatur backlight, mengetahui meter baterai dan disertakan juga shortcut untuk membuka E-mail, Browser dan membuka Koneksi Data.

14. PPCSoft psShutXP 
Program kecil bergaya Shutdown Windows XP ini berguna untuk mengunci, mematikan layar/backlight dan power dan untuk softreset. Program ini diperlukan karena tidak perlu repot memencet tombol hardwarenya. Soft Reset juga tidak perlu cabut stylus. Apalagi bila sedang menggunakan Pocket Controller.

 

  1. 3.      Smartphone

Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan definisi telepon pintar. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh piranti lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon pintar hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik built-in maupun eksternal) dan konektor VGA. Dengan kata lain, telepon pintar merupakan komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telepon.

 

Aplikasi yang terdapat dalam smartphone

1. WhatsApp Messenger

Fungsinya sama seperti BBM (Blackberry Messenger) bisa kirim gambar, pesan dan file dan juga Gratis. Whatsup dapat menyatukan semua pengguna Smartphone, tidak seperti BBM yang hanya dapat digunakan sesama user BB. Bahkan ada rumor, RIM akan membuat aplikasi BBM untuk Smartphone Android karena banyaknya user yang menggunakan whatsup ini mulai dari user Symbian, Android, Iphone dan BB sendiri.
Untuk menggunakan aplikasi ini berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi :
-TersediaKoneksi
– Handphone anda memiliki OS Android, Iphone, BB atau Symbian..

2. Heywire
Kelebihan aplikasi ini adalah, kita tidak hanya bisa mengirim SMS gratis ke pengguna aplikasi ini. Semua operator dapat anda kirimi SMS gratis. Pada saat daftar anda akan diberi no khusus dan password, selanjutnya anda hanya perlu login sekali dan silakan kirim sms gratis sepuasnya, tapi pastikan teman anda tidak membalas ke no. heywire karena akan dikenakan tarif international (pake aja signature di menu setting)
Untuk menggunakan aplikasi ini berikut syarat2 yang harus dipenuhi :
– Tersedia koneksi internet (aye pake tri unlimited, cuma 35rb/bulan)
– Handphone anda memiliki OS Android dan Iphone.

3. Nimbuzz
Aplikasi ini dapat digunakan di semua handphone yang memiliki aplikasi java. Fungsinya untuk melakukan chat dengan banyak account seperti facebook, AOL, Yahoo, Dll. Kita juga dapat melakukan panggilan gratis ke sesama pengguna.
Untuk menggunakan aplikasi ini berikut syarat2 yang harus dipenuhi :
– Tersedia koneksi internet.
– Handphone anda memiliki OS atau JAVA.

4. IGO dan NDRIVE GPS
IGO dan NDRIVE adalah aplikasi maps atau GPS offline sehingga tidak memerlukan pulsa untuk menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini berguna sebagai GPS seperti aslinya, kita tidak akan tersesat lagi kemana-mana karena telah tersedia juga peta untuk Indonesia.
Bagi pra pengguna motor, jangan kuatir, anda tidak perlu takut bahaya karena mengemudi sambil melihat GPS, karena aplikasi ini juga menyediakan voice untuk memandu anda dengan mengucapkan kata2 (tersedia bahasa Indonesia) Untuk mendengarkannya kita  hanya membutuhkan handsfree .
Untuk menggunakan aplikasi ini berikut syarat2 yang harus dipenuhi :
– Tidak perlu koneksi internet.
– Handphone anda memiliki OS Android dan Iphone.
– Handsfree untuk pengendara motor

5. Skype
Skype adalah aplikasi komputer yang juga diciptakan untuk handphone. Untuk menggunakannya berikut syarat2 yang harus dipenuhi :
– Tersedia Koneksi Internet
– Handphone anda memiliki OS Android, Iphone atau Symbian..
Fungsi : Melakukan Video Call Gratis , Melakukan telpon voice gratis, Mengirim Instant Messaging Gratis.
Fitur-fitur di atas dapat dilakukan ke sesama user pengguna skype.

D.Kesimpulan
Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, komputer sudah sangat popular disegala bidang kehidupan baik bidang industry, pendidikan serta rumah tangga. Untuk pengguna rumah tangga (home user) penggunaan computer ternyata berperan besar baik dalam merencanakan keuangan, sarana hiburan keluarga, sumber informasi dan lainnya.

Begitu banyak aplikasi diciptakan untuk memanjakan pengguna komputer , dengan kata lain orang akan menjadi sangat begitu tergantung dengan komputer ditangannya. Ditambah dengan jaringan internet yang semakin diperluas hingga serasa tiada batasan jarak bagi penggunanya.

Namun untuk di Indonesia perkembangan IT dan internet terdapat beberapa kendala yang menyebabkan IT dan Internet belum dapat digunakan seoptimal mungkin. Salah satu penyebab utama adalah kurangnya ketersediaan infrastruktur telekomunikasi. Jaringan telepon masih belum tersedia di berbagai tempat di Indonesia. Biaya penggunaan jasa telekomunikasi juga masih mahal. Harapan kita bersama hal ini dapat diatasi sejalan dengan perkembangan telekomunikasi yang semakin canggih dan semakin murah.

Kita semua berharap semoga kendala ini cepat terselesaikan sehingga perkembangan komputer maupun gadget yang membutuhkan prasarana teknologi tinggi bisa kita rasakan atau dengan kata lain bukan sebagai penonton saja yang bisa menyaksikan kecanggihan teknologi tersebut dinegeri orang bukan diIndonesia.

 

 

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_PowerPoint

http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Media_Player

http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_antivirus#Jenis_antivirus_berdasarkan_pengguna

http://id.wikipedia.org/wiki/Pembantu_digital_pribadi

http://www.jaringankomputer.org/manfaat-internet-dalam-bidang-pendidikan-ekonomi-sosial-budaya-kesehatan

allaboutpda.wordpress.com

This entry was posted in Binusian Blog. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *