PENGGUNAAN KOMPUTER ASPIRE ONE 772 DALAM PERKULIAHAN BINUS ONLINE LEARNING

PENGGUNAAN KOMPUTER ASPIRE ONE 772 DALAM PERKULIAHAN BINUS ONLINE LEARNING

 

Pendahuluan

Sejak pertama kali komputer diciptakan, ia belum bisa berkomunikasi dengan sesamanya. Pada masa itu komputer masih sangat sederhana. Berkat perkembangan teknologi di bidang elektronika, komputer mulai berkembang pesat dan semakin dirasakan manfaatnya dalam kehidupan kita. Saat ini komputer sudah menjamur dimana-mana dan dalam diproduksi dalam berbagai bentuk . Komputer tidak hanya dimonopoli oleh perusahaan-perusahaan, universitas-universitas atau lembaga-lembaga lainnya, namun komputer sudah dapat dimiliki secara pribadi seperti layaknya kita memiliki radio atau pun televisi.

Komputer terus melanjutkan evolusinya dari yang berukuran sangat besar menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Binus Online Learning yang merupakan  perkuliahan jarak jauh dimana sistem pembelajaran melalui website http://online.binus.ac.id sebagai media belajar online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa harus terikat dengan jadwal dan tempat tertentu.

Untuk menunjang kelancaran dalam pelaksanaan perkuliahan maka Binus University pada tahun 2012 membekali para mahasiswa Binus Online dengan seperangkat komputer berupa netbook Acer jenis Aspireone 722.

 

Pembahasan

Binus Online Learning yang merupakan  perkuliahan jarak jauh dimana sistem pembelajaran yaitu mahasiswa mengirimkan tugas pada setiap pekannya serta terus melakukan diskusi antara dosen dan mahasiswa untuk membahas suatu masalah yang berkaitan dengan topik tiap pekannya

Setiap mahasiswa Binus Online membutuhkan notebook yang dapat mudah digunakan, cepat dalam proses mengakses setiap waktu bahan perkuliahan yang dibutuhkan, membuat tugas pekanan, mencari bahan dengan menjelajah internet ataupun mengirim hasil pekerjaan melalui notebook maka tidak salah untuk memilih salah satu jenis notebook buatan Acer ini.

Binus University membekali mahasiswanya dengan menyediakan Aspire One 722. Layar 11,6”, prosesor baru, memori yang memadai, bobot ekstra ringan, dan daya tahan baterai baik adalah senjata utamanya. Mari kita tinjau lebih jauh, bagaimana kemampuan laptop mungil ini.

Dalam hal ini Acer menanamkan Prosesor AMD  pada Aspire One 722 adalah salah satu prosesor Fusion pertama dari AMD, C-50. Prosesor Fusion ini ada hasil penggabungan dari prosesor dan VGA. Ya, AMD C-50 adalah gabungan dari sebuah prosesor AMD dual-core dengan sebuah VGA AMD (Radeon HD 6250). AMD menyebut hasil gabungan CPU dan VGA ini sebagai APU (Accelerated Processor Unit).

AMD C-50 adalah APU yang dirancang untuk netbook dan bahkan tablet. APU ini memiliki 2 core yang berkecepatan 1 GHz. Jangan salah sangka. Meski hanya 1 GHz, C-50 ini memiliki sistem kerja seperti prosesor modern. C-50 menggunakan metode eksekusi out-of-order, dimana perintah dapat dikerjakan berdasarkan prioritas dan urutan yang paling tepat untuk memastikan proses berjalan secepat mungkin.

Aspire One 722 hadir dengan kemampuan multimedia yang mantap. Laptop ini dapat dengan mudah menjalankan video Full HD 1080p. Sisi VGA dari prosesor AMD C-50 yang digunakannya, adalah bagian yang mendukung kemampuan spesial Aspire One 722 ini.

Acer Aspire One 722 ini dilengkapi dengan port HDMI, dan layarnya pun cukup lega yaitu 11,6”. Untuk ukuran layar yang nyaris mencapai 12”, resolusinya pun cukup tinggi, 1366×768 pixel. Resolusi yang sama, kerap kita temui pada layar notebook 14”.

Ukuran layar yang lebih besar membuat ukuran bodi Aspire One 722 juga sedikit lebih besar, sehingga membuatnya bisa menggunakan keyboard yang lebih besar. Hasilnya, mengetik dengan Aspire One 722 terasa lebih nyaman.

Dengan sistem grafis yang jauh lebih baik, maka Windows7 juga bekerja dengan sangat baik pada laptop ini. Karena, Windows7 bisa memanfaatkan VGA yang baik untuk meringankan tampilan. Selain itu, RAM 2 GB yang menjadi standarnya, membuat laptop ini mampu menawarkan performa yang lebih baik.

Dari hasil pengujian, Acer Aspire One 722 mampu bertahan hidup hingga 375 menit atau sekitar 6 jam 15 menit. Ini berarti daya tahan baterainya sangat baik untuk laptop dengan harga kisaran sangat terjangkau ini. Efektifnya sistem penghematan daya, tampak membuat AO722 mampu menyuguhkan ketahanan baterai yang sangat baik.

 

Melihat kemampuan dari Acer Aspire One 772 tersebut maka Binus University tidak salah menggandeng Acer sebagai patner dalam menunjang perkuliahan Binus Online Learning sehingga mahasiswa dapat menjalankan aktivitasnya dengan tenang dan lancar

 

Kesimpulan

Perkembangan teknologi terutama dalam bidang Informasi begitu berkembang cepat. Hal ini dibuktikan dengan penciptaan komputer yang terus berubah, yang awalnya berbentuk besar menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Binus Online Learning yang merupakan salah satu terobosan Binus University dalam dunia pendidikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat agar dapat mengenyam bangku kuliah namun tidak memiliki waktu yang cukup. Dan untuk mensukseskan program tersebut mahasiswa perlu dibekali fasilitas yang memadai yaitu seperangkat laptop yang simple, mudah dibawa, gampang mengoperasikannya, bagus tampilan grafisnya serta awet dalam pemakaian baterai.

Acer Aspire One 722 terbukti salah satu notebook yang mumpuni dibandingkan dengan notebook sekelasnya ,yang dapat menujang segala kegiatan mahasiswa Binus Online Learning. Semoga Acer dapat selalu mengembangkan produknya  untuk selalu berinovasi sehingga dapat menjawab segala kebutuhan konsumennya.

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *